Senin, 29 April 2013

TRANSMISI MOTOR MATIC

MOTOR MATIC

PENGERTIAN MOTOR MATIC
Transmisi pada motor matic adalah transmisi tanpa perpindahan roda gigi, jadi menggunakan pulley dan belt. Istilah Kerennya CVT (Continue Variable Transmision)
CVT (Continue Variable Transmision) adalah suatu sistem penyalur tenaga secara otomatis dengan bantuan gaya sentrifugal(gaya dorong yang disebabkan oleh putaran).

KOMPONEN SISTEM TRANSMISI MATIK PADA YAMAHA
Perlu diketahui komponen perbedaan pada transmisi manual dan matik sangatlah berbeda oleh karena itu inilah antara lain gambaran transmisi otomatis yang biasa disebut transmisi matik....


CARA KERJA CVT

Putaran bawah (stationer) diameter yang dibentuk puley primer (drive pulley*) lebih kecil dibanding puley sekunder (driven pulley**) sehingga terjadi ratio yang ringan.
Saat putaran menengah diameter puley primer membentuk lingkaran yang sama besar dengan puley sekunder. hal ini terjadi karena gaya sentrifugal menyebabkan kedua dinding puley primer semakin sempit. Prosis ini akan terus berlanjut seiring putaran mesin yang semakin meningkat sehingga saat putaran atas diameter yang dibentuk puley primer lebih besar daripada puley sekunder.
* drive pulley = Pulley yang terhubung dengan crankshaft (mesinnya)
** driven pulley = Pulley yang terhubung ke roda motor

Sebenarnya, dasar pemikiran CVT berasal dari sepeda. Pada sistem percepatan sepeda, apabila gear di bagian depan kecil dan gear yang dibelakang besar, maka sepeda akan berjalan lambat. Seperti gigi 1 pada kendaraan, begitu juga sebaliknya. Nah, sistem ini lah yang di adopsi oleh CVT.
Namun, bedanya CVT menggunakan sabuk yang sangat kuat dan gear diganti dengan pulley yang bisa membesar dan mengecil tergantung dengan gaya sentrifugal yang diterima pulley.

JENIS-JENIS KONTRUKSI MATIK
Gambar kontruksi CVT (Continue Variable Transmision)


Pada metic CVT umumnya keluar dari kruk as di gear box sebelah kanan adalah ruang untuk rumah kopling sentrifugal. Sedang pada CV Matic dan YCAT ruang ini dijadikan ruang untuk CVT. Bentuknya memang tak sepanjang CVT pada skutik, dengan pully berdiameter lebih besar. Baru dari driven pully (pully belakang) terhubung ke final gear dan rantai yang meneruskan transfer tenaga ke roda.
Nah yang membedakan diantara CV matic dan YCAT adalah konstruksi pendinginannya di CVT. Keduanya sama-sama memiliki lubang masuk udara di drive pully (pully depan), namun pada YCAT dilengkapi dengan belalai yang moncongnya terletak di sebelah filter udara.

Sedang CV matic belum menjelaskan posisi lubang masuknya udara, hanya ada lubang di atas drive pully. Sedang tempat keluarnya udara yang telah melewati CVT sama-sama di atas driven pully.

KEUNTUNGAN CVT
Bisa mendongkrak performa mesin / mobil secara keseluruhan karena dengan rasio “gigi” tak terbatas maka akan selalu pada “rasio gigi yang tepat” sehingga tenaga tetap terjamin optimal.
Dengan rasio gigi tidak terbatas, maka akan terasa nyaman untuk cruising, sehingga bisa lebih irit dan mengurangi emisi gas buang. Bayangkan kalau anda ke luar kota dan di jalan tol dengan kecepatan konstant, lebih irit bukan.
Selain pengoperasiannya mudah. perawatannya juga relatif murah. Yang perlu diperhatikan kondisi sabuk (V-BELT) harus selalu diperiksa setiap 20.000 km. Tergantung cara pemakaian dan kondisi medan jalan. Jika V-BELT sudah retak-retak atau memanjang maka sebaiknya diganti baru.

KERUGIAN CVT
Tranmisi CVT ini kurang responsive kalau mau dipakai secara agresive, karena akan berkesan “lemot”, dan kalau di gas terlalu cepat (power surge) maka kemungkinan selipnya lebih tinggi daripada otomatis biasa. Sedangkan dalam konsumsi bahan bakarnya yang lebih boros ketimbang motor dengan transmisi manual.
Karena tak mengunakan rantai dalam penyaluran tenaga ke roda sehingga besar beban pada motor matik terbatas dibandungkan denga transmisi manual

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar