Hari ini, kita akan bahas tentang Komponen utama pada mesin sepeda
motor. Sumber tetap mengacu pada buku panduan teknik sepeda motor untuk
murid SMK. Pada dasarnya mesin motor terbagi menjadi 3 bagian, yaitu: 1. Kepala silinder (cylinder head) 2. Blok silinder mesin (cylinder block) 3. Bak engkol mesin (crankcase).
Mari kita bahas satu persatu bagian - bagian mesin tersebut diatas :
1. Kepala silinder (cylinder head)
Kepala
silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder. Titik tumpunya
disekat dengan gasket (paking) untuj menjaga agar tidak terjadi
kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan letal kepala silinder
dan permukaan bagian atas blok silinder tidak rusak. Kepala silinder
biasanya dibuat dari bahan Aluminium campuran, supaya tahan karat juga
tahan pada suhu tinggi serta ringan. Biasanya bagian luar kontruksi
kepala silinder bersirip, ini untuk membantu melepaskan panas pada mesin
berpendingin udara.
2. Blok Silinder Mesin
Silinder
liner dan blok silinder merupakan dua bagian yang melekat satu sama
lain. Daya sebuah motor biasanya dinyatakan oleh besarnya isi silinder
suatu motor. Silinder liner terpasang erat pada blok, dan bahannya tidak
sama. Silinder liner dibuat dari bahan yang tahan terhadap gesekan dan
panas, sedangkan blok dibuat dari besi tuang yang tahan panas. Pada
mulanya, ada yang merancang menjadi satu, sekarang sudah jarang ada.
Sekarang dibuat terpisah berarti silinder liner dapat diganti bila
keausannya sudah berlebihan. Bahannya dibuat dari besi tuang kelabu.
Untuk motor-motor yang ringan seperti pada sepeda motor bahan ini
dicampur dengan alumunium. Bahan blok dipilih agar memenuhi
syarat-syarat pemakaian yaitu: Tahan terhadap suhu yang tinggi, dapat
menghantarkan panas dengan baik, dan tahan terhadap gesekan.
3. Bak engkol mesin crankcase)
Crankcase
(bak engkol) biasanya terbuat dari aluminium die casting dengan sedikit
campuran logam. Bak engkol fungsinya sebagai rumah dari komponen yang
ada di bagian dalamnya, yaitu komponen:
- Generator atau alternator untuk pembangkit daya tenaga listriknya sepeda motor
- Pompa oli
- Kopling
- Poros engkol dan bantalan peluru
- Gigi persneling atau gigi transmisi
- Sebagai penampung oli pelumas
Bak engkol terletak di bawah silinder dan biasanya merupakan
bagian yang ditautkan pada rangka sepeda motor.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
ULUMUL HADIST
MAKALAH MATERI KE 2 Disusun Untuk Memenuhi Tugas Kelompok Pada Mata Kuliyah : ULUMUL HADIST Di semester : IID MPI Dosen Pengampu ...
-
MOTOR MATIC PENGERTIAN MOTOR MATIC Transmisi pada motor matic adalah transmisi tanpa perpindahan roda gigi, jadi menggunakan pulley dan ...
-
Hari ini, kita akan bahas tentang Komponen utama pada mesin sepeda motor. Sumber tetap mengacu pada buku panduan teknik sepeda motor untuk ...
-
Setiap komponen dari motor terbuat dari material yang berbeda-beda tergantung pada fungsinya. Silinder terdapat pada blok mesin. Blo...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar