MOTOR MATIC
PENGERTIAN MOTOR MATIC
Transmisi pada motor matic adalah transmisi tanpa perpindahan roda
gigi, jadi menggunakan pulley dan belt. Istilah Kerennya CVT (Continue
Variable Transmision)
CVT (Continue Variable Transmision) adalah
suatu sistem penyalur tenaga secara otomatis dengan bantuan gaya
sentrifugal(gaya dorong yang disebabkan oleh putaran).
KOMPONEN SISTEM TRANSMISI MATIK PADA YAMAHA
Perlu
diketahui komponen perbedaan pada transmisi manual dan matik sangatlah
berbeda oleh karena itu inilah antara lain gambaran transmisi otomatis
yang biasa disebut transmisi matik....
CARA KERJA CVT
Putaran bawah (stationer) diameter yang dibentuk puley primer (drive
pulley*) lebih kecil dibanding puley sekunder (driven pulley**) sehingga
terjadi ratio yang ringan.
Saat putaran menengah diameter puley
primer membentuk lingkaran yang sama besar dengan puley sekunder. hal
ini terjadi karena gaya sentrifugal menyebabkan kedua dinding puley
primer semakin sempit. Prosis ini akan terus berlanjut seiring putaran
mesin yang semakin meningkat sehingga saat putaran atas diameter yang
dibentuk puley primer lebih besar daripada puley sekunder.
* drive pulley = Pulley yang terhubung dengan crankshaft (mesinnya)
** driven pulley = Pulley yang terhubung ke roda motor
Sebenarnya, dasar pemikiran CVT berasal dari sepeda. Pada sistem
percepatan sepeda, apabila gear di bagian depan kecil dan gear yang
dibelakang besar, maka sepeda akan berjalan lambat. Seperti gigi 1 pada
kendaraan, begitu juga sebaliknya. Nah, sistem ini lah yang di adopsi
oleh CVT.
Namun, bedanya CVT menggunakan sabuk yang sangat kuat dan
gear diganti dengan pulley yang bisa membesar dan mengecil tergantung
dengan gaya sentrifugal yang diterima pulley.
JENIS-JENIS KONTRUKSI MATIK
Gambar kontruksi CVT (Continue Variable Transmision)
Pada metic CVT umumnya keluar dari kruk as di gear box sebelah kanan
adalah ruang untuk rumah kopling sentrifugal. Sedang pada CV Matic dan
YCAT ruang ini dijadikan ruang untuk CVT. Bentuknya memang tak sepanjang
CVT pada skutik, dengan pully berdiameter lebih besar. Baru dari driven
pully (pully belakang) terhubung ke final gear dan rantai yang
meneruskan transfer tenaga ke roda.
Nah yang membedakan diantara CV
matic dan YCAT adalah konstruksi pendinginannya di CVT. Keduanya
sama-sama memiliki lubang masuk udara di drive pully (pully depan),
namun pada YCAT dilengkapi dengan belalai yang moncongnya terletak di
sebelah filter udara.
Sedang CV matic belum menjelaskan posisi
lubang masuknya udara, hanya ada lubang di atas drive pully. Sedang
tempat keluarnya udara yang telah melewati CVT sama-sama di atas driven
pully.
KEUNTUNGAN CVT
Bisa mendongkrak performa mesin / mobil
secara keseluruhan karena dengan rasio “gigi” tak terbatas maka akan
selalu pada “rasio gigi yang tepat” sehingga tenaga tetap terjamin
optimal.
Dengan rasio gigi tidak terbatas, maka akan terasa nyaman
untuk cruising, sehingga bisa lebih irit dan mengurangi emisi gas buang.
Bayangkan kalau anda ke luar kota dan di jalan tol dengan kecepatan
konstant, lebih irit bukan.
Selain pengoperasiannya mudah.
perawatannya juga relatif murah. Yang perlu diperhatikan kondisi sabuk
(V-BELT) harus selalu diperiksa setiap 20.000 km. Tergantung cara
pemakaian dan kondisi medan jalan. Jika V-BELT sudah retak-retak atau
memanjang maka sebaiknya diganti baru.
KERUGIAN CVT
Tranmisi
CVT ini kurang responsive kalau mau dipakai secara agresive, karena akan
berkesan “lemot”, dan kalau di gas terlalu cepat (power surge) maka
kemungkinan selipnya lebih tinggi daripada otomatis biasa. Sedangkan
dalam konsumsi bahan bakarnya yang lebih boros ketimbang motor dengan
transmisi manual.
Karena tak mengunakan rantai dalam penyaluran
tenaga ke roda sehingga besar beban pada motor matik terbatas
dibandungkan denga transmisi manual
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
ULUMUL HADIST
MAKALAH MATERI KE 2 Disusun Untuk Memenuhi Tugas Kelompok Pada Mata Kuliyah : ULUMUL HADIST Di semester : IID MPI Dosen Pengampu ...
-
MOTOR MATIC PENGERTIAN MOTOR MATIC Transmisi pada motor matic adalah transmisi tanpa perpindahan roda gigi, jadi menggunakan pulley dan ...
-
Hari ini, kita akan bahas tentang Komponen utama pada mesin sepeda motor. Sumber tetap mengacu pada buku panduan teknik sepeda motor untuk ...
-
Setiap komponen dari motor terbuat dari material yang berbeda-beda tergantung pada fungsinya. Silinder terdapat pada blok mesin. Blo...
The jeetwin casino no deposit bonus codes - goldcasino.in
BalasHapusThe jeetwin casino 샌즈카지노 no deposit bonus codes are one that is great for jeetwin many 메리트카지노 casinos that offer bonus games and slots.