Setiap pengendara motor tentu ingin mesin tunggangannya terawat dengan
baik, dan irit bahan bakar seperti sepeda motor 4 tak. Untuk mereka yang
menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan operasional, tentu berharap
kendaraannya akan berumur panjang.
Nah, ada berbagai macam
perawatan dan pemeliharaan mesin sepeda motor yang harus Anda lakukan
secara berkala, diantaranya adalah:
1. Periksakan Busi Sepeda Motor
Busi
sangat vital bagi kelancaran mesin motor, “Cek businya, seandainya
masih layak pakai, dapat dipergunakan kembali. Tapi kalau sudah kurang
lebih mencapai 12 ribu km, sebaiknya businya di ganti,”
Perhatikan
pula keadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi, bila
sudah cukup umur, terlihat ada retakkan dan pengerasan di kabel,
sebaiknya segera diganti.
2. Cek Filter Karburator
filter
karburator terbagi dua, yaitu jenis basah dan kering. Model filter
basah, dibersihkan dengan menggunakan bensin lalu dilumasi oli
setelahnya. “Umumnya motor keluaran tahun 1990-2000-an, menggunakan
model filter basah seperti ini,” .
Sedang motor keluaran tahun
2000 ke atas, biasanya menggunakan tipe kering. Cara perawatannya cukup
mudah, yaitu tinggal disemprot dengan kompresor. Tapi model ini juga
memiliki kelemahan, yaitu wajib diganti setiap mencapai kurang lebih 25
ribu km dan tidak boleh terkena oli atau minyak.
Filter oli pun
harus diperhatikan, Motor tahun 90-an tidak menggunakan filter oli,
tetapi untuk jenis motor tahun 2000 ke atas, menggunakan filter oli dan
wajib di ganti setiap kurang lebih 10 ribu km.
3. Periksa Setelan Rantai dan Gir
Jangan
biarkan rantai terlalu kendor atau terlalu kencang, Bila rantainya
kendor, cukup disetel. Tapi kalau kering, cukup diolesi dengan oli
khusus rantai (chain lube). Biasanya, rantai harus diganti kalau sudah
mencapai 25 ribu hingga 35 ribu km.”
Jangan lupa juga lupa
memeriksa kondisi gir. “Jika sudah tajam, lekas ganti, karena kalau
tidak rantai dapat putus secara tiba-tiba.
Khusus motor jenis
Matic yang menggunakan V/Belt, rantainya tidak dapat disetel dan wajib
diganti setiap 25 ribu km. Bila rantai dan gir sudah beres, sekalian
periksa kampas rem depan dan belakang, ganti bila sudah terlihat
menipis.
4. Membersihkan Karburator
Bersihkan
bagian pilot dan main jet motor. Untuk menyetel angin motor tipe manual
(buatan tahun 90 hingga 2000-an), tutup baut setelan angin dan buka
perlahan berlawanan arah jarum jam, maksimal 1/2 putaran.
Untuk
tipe Vakum, yaitu motor keluaran 2000 ke atas, juga sama yaitu dengan
membersihkan pilot dan main jet. Bedanya hanya disetelan angin, untuk
tipe ini, maksimal putarannya 2 ½ berlawanan arah jarum jam,Untuk
penyetelan klep motor 4 tak, adalah setiap 12 ribu hingga 18 ribu km.
5. Cek Kondisi Aki
Motor-motor
buatan tahun 2000 ke atas, umumnya telah menggunakan jenis aki kering
yang tak memerlukan perawatan khusus (non maintenance). Tapi setiap tiga
tahun, maksimal, wajib di ganti.
Sedangkan motor yang menggunakan aki basah, perlu di cek setiap 10 ribu km. Bila air akinya kering, segera diisi.
Ciri-ciri aki yang kondisi sudah lemah adalah tidak bisa memakai starter electric jadi terpaksa harus makai starter kaki.
6. Panaskan Mesin Motor
Panaskan
mesin motor sebelum dijalankan, tidak perlu lama-lama, cukup 1-2 menit
saja. Fungsinya, agar sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian dalam
mesin yang bergerak. Tidak perlu lama-lama memanaskannya, karena akan
membuat pipa knalpot menguning.
7. Gunakan Sparepart (Suku Cadang) Asli
Meski
suku cadang asli sedikit lebih mahal, namun Anda akan merasa puas
karena lebih tahan lama dan kualitasnya pun terjamin di banding yang
palsu.
Selain beberapa hal di atas bikers juga disarankan jangan
lupa untuk selalu memeriksa tekanan ban Anda. Tekanannya jangan terlalu
keras dan jangan kurang, karena dapat mengakibatkan kembang ban motor
menjadi rusak.
Perawatan di atas sebenarnya dapat Anda lakukan
sendiri, namun bila tak punya waktu atau kurang mengerti caranya,
carilah bengkel tempat servis langganan atau yang dapat Anda percayai.
Jika Anda bersahabat dan rajin merawat kendaraan, maka motor kesayangan
Anda pun akan selalu tampil prima.
selamat mencoba
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
ULUMUL HADIST
MAKALAH MATERI KE 2 Disusun Untuk Memenuhi Tugas Kelompok Pada Mata Kuliyah : ULUMUL HADIST Di semester : IID MPI Dosen Pengampu ...
-
MOTOR MATIC PENGERTIAN MOTOR MATIC Transmisi pada motor matic adalah transmisi tanpa perpindahan roda gigi, jadi menggunakan pulley dan ...
-
Hari ini, kita akan bahas tentang Komponen utama pada mesin sepeda motor. Sumber tetap mengacu pada buku panduan teknik sepeda motor untuk ...
-
Setiap komponen dari motor terbuat dari material yang berbeda-beda tergantung pada fungsinya. Silinder terdapat pada blok mesin. Blo...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar